Faktor Yang Bisa Tingkatkan Resiko Polip Hidung

obat sinusitis « Polip adalah pertumbuhan jaringan berupa tonjolan, dan yang paling sering timbul polip adalah pada bagian dalam hidung atau sering disebut juga dengan nama polip hidung. Ada faktor terbesar yang dapat meningkatkan resiko terjadi polip hidung adalah infeksi virus Eptein-Barr (EBV).

Virus ini adalah salah satu mikroorganisme yang paling sering menginfeksi jaringan mukosa hidung dan sinusn paranasal, yang sipatnya menetap. Karena itu pula kemungkinan besar virus itu menjadi salah satu penyebab timbul dan kambuhnya penyakit polip hidung, yang umumnya pada penderita rinosinusitis yang kronis.

Rinosinusitis kronis biasanya disertai polip hidung. Polip juga bisa muncul pada masalah kesehatan tengorokan, telinga dan sebagainya. “Data  pada 2004-2007 mencatatat, 4,2-5,6 % dari jumlah pasian di bagian THT RS sardjito sudah di diagnosis yaitu penderita runosinusitis kronis”.Menurut Spesialis THT RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, Luh Putu Lusy Indrawati, pada Selasa (23/2). Di lansir dari replublika.

resiko rinosinusitisBeliau telah menganalisis perat EBV terhadap timbulnya polip Hidung pada pasian rinosinusitis kronis. Penelitian beliau lakukan, yaitu dengan melibatkan 50 orang responden, yaitu 25 orang pasien rinosinusitis kronis berpolip hidung dan 25 orang penderita rinosinusisi non polip.

Menurut nbeliau adalah garis besar atau 3 faktor penting dalam terjadinya polip, yaitu peradangan kronis berulang pada mukosa hidung ataupun sinus, gangguan keseimbangan vasomotor, dan peningkatan tekanan cairan interstisial dan edema mukosa hidung.

Sebanarnya Eptein-Bar merupakan bagian dari virus herpes yang bisa menyebar lewat saliva 9air liur). Di perkirakan sekitar 90% populasi manusia terinfeksi virus tersebut dari orofaring lalu kemudian menyebar ke seluruh bagian tubuh. Salah satu produk EBV antara lain adalah Epstein-Barr NUclear ANtigen-1 (EBNA-1). Ekspresi EBNA-1 dapat di katakan sebagai penanda infeksi EBV pada mukosa Hidung, khususnya penderita rinosinusitis. Bisa di bilang bahawa itu sebagai penyebab utama atau faktor utama terjadiya Polip Hidung.

Beliau menyimpulkan dan berpendapat bahwa riwayat infeksi EBV dapat menungkatkan resiko terjadinya polip hidung pada seseorang yang menderita rinosinusitis. Rinosinusitis kronis memang merupakan rinusitis yang cukup mengganggu, dan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang cukup serius bila di biarkan begitu saja, dapat menyebabkan beberapa komplikasi diantaranya polip hidung, radang gusi, dan yang lebih serius lagi radang selaput otak, penaganan harus segera di lakukan bila menderita penyakit ini.

Baca juga :

obat polip hidung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *