Pertolongan Pertama Pada Hidung Berdarah

Hidung berdarah disebabkan oleh beberapa sebab, diantaranya karena trauma benturan ataupun disebabkan oleh penyakit lain dan salah satunya adalah mimisan. Hidung berdarah memang akan berhenti meskipun di biarkan begitu saja, tapi tetap saja anda harus melakukan sesuatu pada hidung berdarah karena bila di biarkan penderita akan kehilangan banyak darah, jadi pertolongan pertama pada hidung berdarah harus segera di lakukan. Dalam Dalam website www.obatsinusitiskronis.org kali ini kami akan menjelaskan kepada anda pertolongan pertama pada hidung berdarah.

Penyebab Hidung Bisa Berdarah

Pembuluh Darah di hidung itu cukup banyak, selain itu opermukaan lendir yang ada di hidung itu sangatlah tipis, sehingga mudah percah dan terjadi mimisan. Penyebab hidung berdarah antara lain :

  • Polusi, contohnya seperti asap rokok, kenalpon bersifat iritatif pada lapisan tipis hidung.
  • Mengorek hidung dengan kasar, terbentur benda keras, jatuh, membuang ingus terlalu keras.
  • Efek samping obat obatan tertentu.
  • Suhu Udara dingin

baca artikel terkait : obat hidung bernanah

Pada dasarnya penyebab Hidung Herdarah di bagi menjadi 2 yaitu Mimisan Anterior dan Posterior :

  • Hidung Berdarah Anterior, merupakan mimisan yang berasal dari hidung nasal septum pada bagian bawah. Nasal septum adalah ding ding pemisah antara rongga hidung yang kanan dan yang kiri. Di dalam hidung ini banyak pembuluh darah halus dan bisa menerima darah dari arteri karotis. Sedikit ketukan atau terjadinya benturan saja akan mengakibatkan pembuluh darah pecah. Jenis hidung berdarah in bisa di atasi secara mudah. Penderita hidung berdarah ini sering diderita oleh anak-anak.
  • Hidung Berdarah Posterior, disebabkan karena adanya suatu pendarahan yang sumbernya berasal dari bagian yang letaknya jauh berada di belakang dan juga bagian hidung yang lebih tinggi. Tempat cabang arteri yang bisa memasok darah ke hidung. Jadi hidung berdarah posterior ini merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup serius. Membutuhkan peronolgan medis untuk mengatasi hal ini. Biasanya ini terjadi pada orang dewasa. Hidung berdarah posterior dapat disebabkan oleh, operasi pada bagian nasal hidung, Hipertensi, kurang kalsium, terjadi karena adanya suatu gejala seperti kanker darah, atau tumor, dan juga paparan zat kimia tertentu juga dapat menyebabkan hidung berdarah posterior.

Pertolongan Pertama Untuk Hidung Berdarah atau Mimisan

hidung berdarahMenghentikan pendarahan tanpa obat ataupun alat lainnya. Caranya sangat simple sekali, dengan cara menundukan penderita dengan posisi badan dan kepala agak maju kedepan. Tak lupa ibu jari dan telunjung untuk menutup dan menekan lubang hidung. Atau menekan cuping hidung yang lunak. Usahakan penderita berdanafas lewat mulut. Lakukan langkan ini kurang lebih 1-2 menit.

  1. Gulung Daun sirih yang sudah di cuci, lalu gulung seukurang hidung penderita, selanjutnya sumbatkan ke hidung yang berdarah.
  2. Sediakan air bersih yang sudah di campur dengan air garam, lalu lalu celupkan kapas pada air bersih yang sudah di campur garam, kemudian sumbatkan ke hidung berdarah.
  3. Bungkuslah es dengan sapu tangan, lalu tempelkan diantaranya kencing dan hidung. Es yang di tempelkan dapat memberikan efek mengurangi pendarahan, sebab dapat menghentikan pembuluh darah.

Bila anak anda sering mimisan kami sarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin K, seperti sayur, sayuran, bayam, kuning telur, dan juga kacang-kacangan. Selain itu penderita juga bagus untuk mengkonsumsi zat besi. Terima kasih sudah berkunjung di website obat siunsitis kronis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *