Penyebab Utama Infeksi Saluran Pernafasan Akut

Infeksi saluran pernafasan akut atau di singkat menjadi ispa merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup banyak di derita oleh orang-orang. Infeksi saluran pernafasan akut. Penyakit ini biang keladinya adalah karena penurunan daya tahan tubuh. Penurunan daya tahan tubuh atau imunitas melemah. Daya tahan tubuh melemah bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti kurang istirahat, mengkonsumsi makanan-makanan yang tidak mengandung vitamin, dan pergantian musim (pancaroba).

ISPA dapat menyerang siapa saja baik dewasa ataupun anak-anak. Ispa di tandai oleh beberapa gejala seperti, hidung meler, batuk, sakit tenggorokan, dan menjadi tidak enak badan tubuhpun menjadi sakit. Langsung saja ke judul artikel nya berikut ini Penyebab Utama Infeksi Saluran Pernafasan Akut :

Asap hasil pembakaran atau debu

penyebab utama ispa - obat sinusitis

Asap dan debu bisa menyebabkan seseorang terkena ISPA. Asap dan debu dapat mengurangi fungsi dari silia. Silia sendiri adalah lapisan terluar pada organ pernafasan yang fungsinya mengatasi bakteri, atau virus yang masuk. Bila silia terganggu maka anda mudah sekali terserang bakteri.

Merokok aktif maupun pasif

Keduanya memiliki resiko terkena ispa, sebab asap roko mengandung banyak zat racun yang dapat mengganggu pernafasan. Zat racun dalam rokok dapat menyebabkan organ pernafasan permasalah. Salah satunya dapat menyebabakan ISPA.

Pneumokokus

Adalah jenis bakteri yang mengancam anak. Bila anda terserang oleh bakteri ini maka akan menyebabkan gejala seperti demam, sesak nafas, dan radang paru paru pada anak. Virus ini dapat di tularkan dari percikan ludah.

Virus flu/influlenza

Virus ini memang sudah tidak asing lagi pastinya, sebab virus infulenza pastinya sudah pernah menyerang manusia, sehingga influenza sudah sangat umum.

Bukan itu saja ternyata masih banyak lagi penyebab infeksi saluran pernafasan akut, diantaranya adalah pneumokokus, streptokokus, respiratory syncytial virus, rhinovirus, adenovirus dan sebagainya.

Artikel lainnya :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *