Penyakit Yang Mudah Menyerang Saat Musim Pancaroba

Musim pancaroba adalah sebutan orang di Indonesia tetang musim perpindahan musim hujan dan kemarau. Indonesia merupakan negara yang meiliki ilklim tropes, hanya 2 musim yang terjadi di wilayah Indonesia, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Ini disebabkan karena karena Indonesia dekat dengan garis katulistiwa.

Ketika musim pancaroba datang (perpindahan antara musim kemarau ke hujan) sangat rawan sekali terserang penyakit-penyakit atau masalah kesehatan chiri khas musim pancaroba. Sebab musim pancaroba membuat kondisi suhu tubuh tidak setabil sehingga daya tahan tubuh menjadi berkurang.

Akibatnya virus dan bakteri pun sangat mudah menyerang tubuh. Lantas apa sajah penyakit yang mudah menyerang tubuh ? Penyakit Yang Mudah Menyerang Saat Musim Pancaroba akan di jelaskan dalam kesempatan ini semogat bermanfaat yah.

penyakit musim pancaroba musim Infeksi saluran Pernafasan atas

Ketika musim hujan datang penyakit infeksi saluran pernafasan atas memang sangat mudah sekali terjadi. Penyakit infeksi saluran peranfasan atas meliputi penyakit :

Penyakit di atas sangat mudah sekali menyerang ketika musim pancaroba, karena pada musim pancaroba kelembaban udara meningkat. Kuman penyebab infeksi pun sangat mudah untuk berkembang biak.

Bila anda ingin mencegah infeksi saluran pernafasan atas sedak dini anda harus memperhatikan kebersihan anda, seperti tidak lupa untuk mencuci tangan sebelum/sedudah makan. Perbanyak juga makanan yang mengandung banyak vitamin C dan antioksidan supaya daya tahan tubuh anda terawat dan daya tahan tubuh anda selalu stabil.

Diare atau Disentri

Diare dan disentri merupakan masalah kesehatan yang terjadi karena masalah pencernaan. Bisa juga karena infeksi pada salusaran bernafasan bagian bawah. Diare merupakan maslah kesehatan dimana terjadi oleh bakteri parasit atau virus yang masuk ke dalam saluran pencernaan. Bila bakteri parasit masuk pencernaan maka terjadilah diare. Diare merupakan penyakit dimana penderita mengalami sakit perut dan terus menerus Buang air besar, sehingga badanpun menjadi lemas karena terlalu banyak menyeluarkan air.

Disentri memang hampir sama dengan diare, tapi bedanya disentri tinja yang keluar tinjanya berair, bahkan sering disertai dengan lendir, penderita biasanya mengalmi demam tinggi. Ini disebabkan karena ifneksi bakteri. Penyebab utama penyakit ini adalah minuman yang telah terkontaminasi bakteri atau parasit.

Perbedaan diare dan disentri diantaranya adalah kalau diare, tinjanya tidak mengeluarkan lendir tapi disentri mengeluarkan lendir. Disentri juga bisa menyebabkan demam tinggi. Penyakit ini sangat berbahaya bila dibiarkan.

Demam Tipes/typus

Merupakan demam yang menyerang organ pencernaan, dapat menyebabkan infeksi pada rongga pencernaan. Tipus atau disebut juga tipes merupakan demam yang disebabkan bakteri salmonella tyhosa. Bakteri ini bisa masuk dan bersembunyi dalam makanan yang terkontaminasi bakteri ini.

Untuk pencegahan penyakit ini juga di perlukan kebersihan dan perawat kebersihan diri sendiri. Merawat daya tahan tubuh seperti berolahraga juga bagus.

Demam bemdarah

Demam berdarah merupakan penyakit yang di tularkan oleh nyamuk aedes aegypti. Nyamuik ini dpat membawakan gigitan yang mengandung bakteri ini. Demam beradarah adalah demam yang sangat membahayakan sekali. Saat musim hujan banyak genangan air. Genangan air tersebut dapat menjadi tempat berkembang biak nyamuk berbahaya ini.

Anda harus mewaspdai masalah-masalah kesehatan seperti diatas supaya anda tidak terserang penyakit apapun ketika musim pancaroba. Anda bisa mencegahnya dengan menjaga kebersihan dan merawat sistim pertahan tubuh atau imunitas anda sendiri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *