Mengenal Lebih Jelas Sinusitis

Selamat datang di website obat sinutisi kronis , Sebelum kita membahas sinusitis lebih dalam, haruslah kita ketahui bahwasanya di tubuh kita terdapat organ tubuh yang dikenal dengan sinus paranasal. Sinus paranasal ini bentuknya sangat bervariasi tiap manusia. Ada 4 pasang sinus paranasal, mulai dari ukuran terbesar, berupa sinus maksila, sinus frontal, sinus etmoid, dan sinus sfenoid kanan dan kiri. Sinus paranasal ini berasal dari mukosa rongga hidung yang perkembangannya dimulai saat kita didalam kandungan dengan usia 3 – 4 bulan. Perkembangan sinus ini pada umumnya mencapai perkembangan maksimal pada usia 15 – 18 tahun.

Adapun sinus paranasal ini mempunyai beberapa fungsi, di antaranya sebagai pengatur kelembaban udara pada saat kita bernapas. Sinus ini juga membantu dalam keseimbangan kepala dengan mengurangi berat tulang muka kita. Pada saat kita bernyanyi, sinus paranasal ini juga mempengaruhi resonansi dan kualitas suara, hal ini terbukti terkadang kita mendengar teman kita yang bernyanyi dengan suara hidung. Selain hidung kita yang mengeluarkan lendir, sinus paranasal juga mengeluarkan lendir dalam jumlah yang sedikit, berfungsi sebagai pembersih dari partikel – partikel kecil yang masuk ke dalam sinus.

obat sinusitisKeluhan penderita sinusitis

Berdasarkan klinis, sinusitis ini dibagi atas akut, yang berlangsung dari beberapa hari sampai dengan 4 minggu. Selain sinusitis akut, terdapat pula sinusitis subakut dan kronis. Yang membedakannya adalah, pada sinusitis subakut, hal ini telah terjadi mulai dari 4 minggu sampai 3 bulan. Sinusitis kronis bila telah terjadi lebih dari 3 bulan.

Pada sinusitis akut, sering penderita mengeluhkan adanya lendir ataupun ingus kental yang terkadang dapat disertai dengan bau tak sedap, yang terasa mengalir ataupun menetes. Selain itu hidung dapat tersumbat dan adanya nyeri secara lokal yang dirasakan pada sinus yang mengalami peradangan, bahkan dapat menjalar ke gigi ataupun nyeri kepala yang hebat. Nyeri juga terkadang dirasakan pada mata, tergantung pada sinus paranasal mana yang terkena. Secara objektif, kita dapat temukan adanya pembengkakan di pipi dan kelopak mata bawah, di dahi dan kelopak mata atas.

Pada sinusitis kronis ada beberapa keluhan klinis yang dirasakan oleh penderita, seperti halnya rasa tidak nyaman dan gatal di tenggorokan, ada gangguan pendengaran yang disertai rasa nyeri. Terkadang timbul gejala saluran napas berupa batuk, pencetus asma bronkial dan penyakit lainnya.

Peradangan sinus

Sinusitis atau Peradangan sinus itu dalam bahasa kedoterannya adalah sinusitis. Terkadang dari 4 pasang sinus paranasal yang mengalami peradangan tidak hanya terdiri dari satu pasang sinus saja, bisa terjadi pada lebih dari satu pasang sinus. Bila terjadi peradangan atau pembengkakan pada lapisan mukosa sinus, maka lendir yang dihasilkan sinus sebelumnya akan bertambah terus – menerus. Pertambahan lendir ini tidak dapat dikeluarkan oleh gerakan bulu – bulu pada sinus terganggu akibat peradangan ini. Lendir yang tertumpuk berlebihan dan tidak dapat dikeluarkan akan menjadi media yang baik bagi pertumbuhan kuman, yang lama kelamaan akan terjadi infeksi pada sinus itu sendiri.

Peradangan sinus atau sinusitis ini terjadi akibat adanya hambatan mekanik, seperti deviasi septum, pembengkakan mukosa hidung adanya benda asing yang masuk ke hidung, adanya pertumbuhan tumor ataupun polip pada hidung. Selain itu pada sinusitis yang terjadi pada sinus maksila dapat terjadi bila terjadi infeksi pada akar gigi. Pada orang – orang yang cepat mengalami alergi, misalkan pada alergi udara dingin, debu, ataupun yang lainnya, hal ini akan mengakibatkan pembengkakan mukosa hidung yang lama lama akan mengakibatkan peradangan pada sinus, ataupun terjadinya penyakit sinusitis.

Mengenal Lebih Jelas Sinusitis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *