Cara Mendeteksi Penyakit Dari Warna Ingus

Ingus memang memiliki bentuk yang tidak sedap di pandang, ingus adalah lendir yang adanya di dalam rongga hidungmanusia. Ingus memang sering dianggap sebagai kotoran yang menjijikan, tapi sebenarnya ingus itu berperan penting untuk manusia, sebab fungsi dari ingus salah satunya adalah menjadikan kita mampu mengenal beberapa macam bau baudan dengna baik. Ingus memainkan fungsi penting menangkap molekul-molekul bau dan menghubungkan lebih dari 100 reseptor bau dalam rongga hidung manusia. Lendir yaitu ingus tersebut akan menangkap partikel-partikel, seperti debu atau serbuk tanaman, kemudian melarutkannya.

Selain berpungsi untuk membedakan bau, ingus juga bisa di jadikan indikator kesehatan tubuh. Bila ingin ingus di jadikan indikator kesehatan, caranya mudah anda tinggal melihat warnanya saja. Di website obat sinusitis kornis ini akan di jelaskan Cara Mendeteksi Penyakit Dari Warna Ingus.

Ingus berwarna Hitam

Jika kamu bukan seorang yang suka merokok atau pengguna obat-obatan terlarang, ingus yang berwarna hitam bisa menandakan adanya infeksi jamur yang parah. Infeksi tersebut biasanya terjadi pada orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh terganggu. Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter jika Anda mendapati ingus berwarna hitam.

ingusanIngus berwarna Kuning

kamu sedang pilek atau mengalami infeksi pada hidung. Sel-sel yang berfungsi memerangi infeksi sedang sibuk menanggulangi infeksi mikroba. Sel darah putih termasuk di dalamnya. Karena ‘kelelahan’, sel-sel ini akan memproduksi lebih banyak lendir hidung yang sedikit berwarna. Pertarungan sel-sel pertahanan tubuh dan baketri biasanya berlangsung selama hampir 10 hingga 14 hari.

Ingus berwarna Putih

kamu sedang mengalami hidung tersumbat, infeksi nasal, sinusitis, pilek atau flu. Jaringan yang meradang dan bengkak /infeksi pada hidung dapat memperlambat laju lendir hidung, menyebabkan hidung kehilangan kelembapannya, dan lendir yang diproduksi menjadi tebal dan berawan

Ingus berwarna Cokelat

Ingus yang berwarna cokelat bisa menjadi indikasi adanya darah di dalam hidung. Kondisi ini juga bisa dipengaruhi oleh sesuatu zat yang Anda hirup, seperti udara kotor, asap rokok, atau konsumsi paprika.

Ingus berwarna Pink atau merah

Ingus berwarna pink atau merah pekat menandakan adanya darah di dalam jaringan hidung. Jaringan nasal di hidung bisa mengalami kerusakan, bisa jadi karena terlalu kering, adanya iritasi, atau mengalami trauma keras akibat pukulan.

Ingus berwarna Hijau

Ingus yang berwarna hijau menandakan bahwa sistem kekebalan tubuh Anda sedang berjuang keras. Lendir yang dihasilkan biasanya lebih tebal yang penuh dengan sel darah putih yang telah mati dan kumpulan ‘sampah’ dari sisa pertempuran sistem kekebalan tubuh. Jika lendir berwarna yang keluar dari hidung Anda sudah berlangsung lebih dari hampir 2 minggu, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Ingus yang berwarna hijau bisa menandakan gejala peradangan pada rongga sinus dan infeksi bakteri.

Ingus berwarna Bening

Ini adalah warna ingus yang terjadi pada orang sehat, itu normal. Diproduksi dari campuran air, protein, antibodi, dan garam terlarut. Jadi bila ingus anda berwarna bening itu hal yang wajar, dan sebaiknya jangan di khwatirkan.

Itulah Cara Mendeteksi Penyakit Dari Warna Ingus, mudah sekali bukan ?. Terima kasih sudah berkunjung ke website ini, semoga informasinya bermanfaat dan berguna untuk semuanya yah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *