Bahaya Jilatan Anjing Untuk Kesehatan

Memang sangat asik memelihara hewan peliharaan di rumah karena dapat membuat rumah menjadi lebih berwarna. Hewan peliharan favorit manusia adalah anjing, dan kedua adalah kucing, kenapa ? sebab anjing dalam peringkat teratas sebab anjing merupakan hewan peliharaan yang paling penurut dan setia pada majikannya.

Annjing juga mudah untuk di latih dan asik di ajak bermain. Ketika anjing sangat dekat dengan kita, anjing biasanya sering menjilati kita, bila kita dekat. Apakah perilaku itu berbahaya ? jawabannya yaps, itu memang berbahaya dan sangat tidak baik untuk tubuh nya. Bahaya Jilatan Anjing Untuk Kesehatan memang cukup serius dan jangan di remehkan.

Jilatan anjing berbahaya untuk kesehatan karena anjing menghabiskan hari-harinya untuk mencium segala sesuatu yang di temuinya, bahkan samai sudut-sudut, dan barang yang kotor sekalipun. Pada moncong anjing di pastikan menghandung banyak kuman, bakteri, serta virus yang dapat mengancam kita.

bahaya jilatan anjing untuk kesehatan tubuh

Yang paling bahaya adalah bakteri yang ada dilidah anjing (di kucing juga terdapat) disebut juga zoonosis, adlah jenis bakteri yang dapat menyebabkan beberapa penyakit terjadi pada seseorang. Diantaranya adalah bakteri campulobacter dan clostridium. Kedua bakteri dapat menyebabkan radang lapisan lambung atau gastroenteritis. Bahkan jilatan dari anjing dapat menyebabkan gejala yang lebih serius lagi, seperti meningitis (radang selaput otak), sebab di dalam mulut anjing menandung bakteri yang berbahaya yaitu pasteurella multocida. Bahkan salah satu sumber mengatakan. Pasteurella Multocida yang ada pada mulut anjing menyebabkan radang selaput otak pada 42 bayi di negara perancis.

Ketika anjing menjilati wajah kita wajah kita terancam infeksi, seperti infeksi sinusitis, radang mulut dan sebagainya. ANjing jug dapat menyebakran haemophilus aphrohilus pada manusia, parahnya lagi dapat menyebabkan abses otang dan peradangan pada hati yang cukup berbahaya. Anak-anak lebih mudah terserang di bandingkan orang dewasa.

Artikel ini bukan berarti mengarahkan anda untuk tidak boleh memelihara hewan peliharaan seperti anjing, kucing dsb, tapi supaya anda lebih berhati-hati terhadap hewan peliharaan anda. Anda harus benar-benar mencaga kebersihkan baik hewan peliharaannya atau kandangnya. Ketika bermain dengan hewan periharaan contohnya anjing sebisa mungkin untuk mengurangi kontak bila anjing ingin menjilati anda, ataupun anak anda terutama pada bagian leher ke atas. Berikan arahan batasan-batasan dan bahaya bila terlalu dekat dengan hewan peliharan kepada si kecil, dan perhatikan ketika sang buah hati bermain dengan hewan peliharan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *